Pilkada Kaur : Sapelah Ye Ka Menang?

Pilkada Kaur : Sapelah Ye Ka Menang?

 

Sumber : Grub FB Padang Guci Asli

Sapelah ye ka menang pilkada kaur 9 desember 2015? ye ka mimpin kabupaten paling selatan provinsi bengkulu. Kurang lebih itulah pertanyaan yang dilontarkan oleh akun fb Akbar Maliki di grup facebook Padang Guci Asli.

Grup PADANG GUCI ASLI merupakan komunitas media sosial yang berada diurutan nomor 2 terbanyak pengikutnya. Anggota yang aktif saat artikel ini diposting sudah mencapai 7.104 anggota. Adapun grup terbesar yang berada di urutan nomor 1 adalah grup JEME PADANG GUCI yang pengikutnya sudah lebih dari 8.000 anggota.

Lahirnya pertanyaan ini tentu tidak lepas dari pemilihan kepala daerah atau bupati yang semakin dekat. Atau tepatnya pemilihan tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 9 desember 2015.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur, jumlah pasangan yang akan bertarung pada Pilkada Kaur  kali ini berjumlah 5 pasang setelah secara resmi ditetapkannya Zulkifli Japar dan Z. Muslih sebagai pasangan terakhir yang mencalonkan diri sebagai cabup dan cawabup kabupaten kaur.

Adapun DP4 atau Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan kabupaten kaur berjumlah 90.027 pemilih yakni laki-laki 46.569 pemilih dan perempuan 43.458 pemilih. Lalu pemilih disabilitas 116 orang, pemilih pemula 1.593 orang, dan pemilih yang umur diatas 90 tahun 188 orang.

1/3 pemilih diatas bermukim di Padang Guci. Rinciannya:

  • Kaur Kaur Utara 5.563 pemilih.
  • Kelam Tengah 5.053 pemilih.
  • Lungkang Kule 2.561 pemilih.
  • Padang guci ilir 2.876 pemilih.
  • Padang guci ulu 5.300 pemilih.
  • Tanjung Kemuning 9.671 pemilih.

Bila dikalkulasikan total pemilih dari padang guci adalah 31.024 orang atau 34,4%.

Lalu siapa yang akan memenangkan pemilihan kepala daerah di kabupaten Kaur? tentu jawabannya baru bisa kita dapatkan setelah pemilihan selesai dan KPUD Kabupaten Kaur juga sudah selesai melakukan penghitungan suara.

Kalau sekarang sudah ada yang memberi jawaban atau memprediksi siapa yang akan memenangkan pemilihan tersebut secara menyakinkan dan data-data yang terlihat masuk akal, tentu tetap saja tidak bisa dijadikan sebagai sandaran. Sebab namanya prediksi masih belum ada kepastiannya, yaitu bisa benar dan bisa juga salah.

Sebagai warga negara yang baik mari kita semua jangan mudah terpancing terhadap berbagai isu, provokasi, dan perpecahan menjelang atau setelah pilkada berlangsung.

Sebab harapan kita semua tentu sama, yaitu siapapun yang terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Kaur adalah orang yang benar-benar mau memajukan kabupaten kaur pada umumnya dan tentu terkhusus padang guci.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan pada kesempatan ini, terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangannya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *